how to prevent hookworm infection

Infeksi cacing tambang dapat mengakibatkan keluhan pada kulit dan sering ditemukan khususnya pada orang yang memiliki riwayat kontak dengan kucing dan anjing sebagai binatang pembawa dari cacing tersebut atau yang sering kontak dengan tanah. Ada banyak spesies cacing tambang, beberapa diantaranya adalah : parasit hewan dan parasit manusia.

Akibat yang paling umum dari infeksi cacing yang disebabkan hewan disebut larva cutaneous bermigrasi. Berikut merupakan siklus hidup dari cutaneous larva migrans .

Manusia dapat terinfeksi bila berjalan tanpa alas kaki atau bila kulit kontak langsung dengan tanah atau pasir yang telah terkontaminasi. Larva di tanah atau pasir yang terkontaminasi akan masuk ke dalam kulit dan menyebabkan kulit menjadi iritasi di daerah itu. Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi cacing tambang :

  • Sinar matahari membunuh larva cacing tambang, sehingga biarkan binatang untuk berada di lokasi yang terkena sinar matahari.
  • Keluarkan semua kotoran hewan piaraan dari halaman, termasuk kotoran lama, untuk mencegah infeksi cacing tambang.
  • Jangan menggunakan kotoran manusia atau hewan peliharaan sebagai pupuk.
  • Larutan garam, boraks atau larutan pemutih yang diencerkan akan membunuh larva cacing tambang tetapi bahan kimia ini akan membunuh rumput dan tanaman.
  • Apabila binatang buang air besar di rumah anda, anda tidak perlu mensterilkan rumah anda dari cacing tambang. Cacing tambang tidak langsung menular karena telur harus matang menjadi larva sebelum orang lain dapat terinfeksi. Jika perlu disinfeksi, gunakan pemutih encer untuk membersihkan permukaan.
  • Buang kotoran hewan peliharaan dari halaman anda setiap hari. Pakailah sarung tangan dan mengambil kotoran dengan sendok; Masukkan ke dalam kantong plastik sebelum meletakkannya di tempat sampah. Cacing tambang bisa hidup dan berkembang biak dalam kotoran selama empat minggu.
  • Pembuangan kotoran hewan yang tepat dapat mencegah telur menetas dan mencemari tanah sehingga dapat mengendalikan infeksi terhadap cacing tambang.
  • Perawatan rutin dokter hewan terhadap anjing dan kucing, termasuk dekontaminasi yang teratur, akan mengurangi pencemaran lingkungan terhadap telur dan larva, cacing tambang.
  • Himbau anak-anak untuk mencuci tangan mereka setelah bermain di tanah dan sebelum makan, dan jangan biarkan hewan piaraan bermain atau membuang kotoran dalam kotak-kotak pasir, di pantai atau di area lain di mana anak-anak bermain.
  • Selalu kenakan sepatu sewaktu berada di luar, hindari kontak kulit yang berkepanjangan dengan tanah dan kenakan sarung tangan sewaktu berkebun atau bekerja dengan tanah.
  • Para pelancong yang pergi ke iklim tropis dan subtropis, apabila kemungkinan besar daerah pantainya terkontaminasi, hendaknya disarankan untuk mengenakan sepatu dan menggunakan tikar pelindung atau penutup lainnya guna mencegah kontak langsung dengan pasir atau tanah.

Referensi :

Leave a Reply