Tipsy Tips : How to Pick the Right Diaper for Your Baby ?

Oleh : dr. Anna Rumaisyah Abidin

Popok menjadi salah satu barang utama yang harus ada di daftar belanjaan para bunda, mulai dari merk, harga serta ukuran menjadi tolak ukur saat memilih popok untuk sang buah hati. Saat ini  masih ada juga, loh, yang menggunakan popok kain atau popok sekali pakai.  Lalu dari kedua popok tersebut manakah yang lebih baik digunakan?

Memilih popok kain atau popok sekali pakaimemang merupakan pengalaman yang hanya dilalui oleh para orangtua. Bayi baru lahir akan menghabiskan setidaknya 10 popok bahkan lebih setiap harinya dan rata rata popok yang digunakan sebelum memulai potty training sekitar 8.000 menurut the U.S Environmental Protection Agency (EPA). Ada banyak pertimbangan para orangtua memilih popok mana yang sebaiknya digunakan untuk buah hati, karena khawatir salah satu jenis dari popok tersebut bisa membuat iritasi. Namun, ada beberapa pro dan kontra dari penggunaan masing – masing popok tersebut, sehingga orangtua harus cermat dan tepat dalam memilih popok

Jaman dahulu orang tua lebih sering menggunakan popok kain dibanding popok sekali pakai karena mitosnya apabila bayi kita menggunakan popok sekali pakai akan menyebabkan kaki bayi membentuk O dan bisa menyebabkan ruam popok. Hal hal tersebut nyatanya tidak demikian kaki bayi bengkok atau disebut dengan bow leg termasuk normal hingga usia 18 bulan. Banyak faktor yang menyebabkan ruam popok, yang paling sering adalah kontak dengan kotoran lunak dan urine (pipis) dalam jangka waktu lama. Pro dan kontra dalam pemilihan popok kain diantaranya adalah harga yang dikeluarkan untuk membeli jauh lebih murah, popok kain sendiri dapat digunakan kembali serta ramah lingkungan dan popok kain terasa lembut pada kulit yang sensitif. Namun, downside dari penggunaan popok kain pada bayi harus lebih sering diganti apabila sudah penuh dengan poop atau sudah terlalu basah, karena bahannya yang tidak mudah menyerap dan akan lebih sering membuat iritasi, serta lebih sering mencuci popok tersebut.

Popok disposable atau sekali pakai saat ini sudah banyak di pasaran dengan berbagai merk, model dan harga yang bersaing. Namun, popok tersebut lebih digemari orangtua karena lebih banyak pilihan ukuran sesuai dengan bayi, nyaman dan mudah digunakan dan tentunya hanya sekali pakai, serta memiliki bahan yang mudah menyerap. Saat ini popok sekali pakai didesain lebih tipis dan fit untuk bayi serta menjaga tetap kering berkat bahan superabsorbent, penelitian baru baru ini menjelaskan bahwa popok sekali pakai ini dapat mengurangi terjadinya ruam popok. Bahan yang digunakan pun sudah digantikan dengan yang jauh lebih aman, contohnya, bahan lateks yang dapat memicu terjadinya alergi sudah digantikan dengan bahan spandeks.

Ada 7 tips memilih popok yang tepat dan aman digunakan bayi para dopamine seekers:

  1. Pilih popok yang memiliki tingkatan penyerapan yang baik, untuk mencegah bayi Anda dari ruam popok, popok harus memiliki tingkat penyerapan yang baik yang membuat area genital bayi tetap kering dan tidak lembab.
  2. Bebas dari bahan allergen dan parfum agar bayi terhindar dari reaksi alergi yang dapat menyebabkan ruam popok
  3. Breathable Layer, popok yang baik harus memiliki lapisan yang cukup baik  untuk mencegah kelembaban.
  4. Ukuran atau Berat Badan, ukuran popok berbeda bagi bayi tergantung dari berat badan mereka, jadi lebih baik untuk tahu berat badan bayimu sebelum membeli popok yang terlalu banyak. Karena butuh ukuran popok yang lebih besar tiap bulannya, jadi hindari menstok popok satu ukuran saja.
  5. Anggaran dan Harga, Anda akan terbiasa untuk menghitung anggaran yang dikeluarkan untuk membeli popok, harga yang tinggi tidak selalu sesuai dengan kualitas yang bagus, jadi disarankan untuk melihat dan mengetahui bahan pada popok tersebut ya dibandingan label harganya.
  6. Kulit Sensitif, apabila bayi Anda memiliki kulit yang sensitif yang ada dipikiran Anda adalah bagaimana apabila bayi Anda terkena ruam popok? Masyarakat percaya bahwa popok kain tidak menyebabkan ruam popok namun tidak selalu benar. Ruam popok dapat menyebabkan kelembaban di sekitar area popok. Faktanya, Anda dapat menjaga bayi terhindar dari ruam popok dengan menggunakan popok sekali pakai.
  7. Kenyamanan, Merawat bayi yang baru lahir merupakan tantangan besar bagi orang tua baru. Menemani tidur di malam hari dan memberi makan. Dalam situasi seperti itu, popok sekali pakai menyediakan kenyamanan dan kebersihan karena tidak perlu dicuci, tidak seperti popok kain.

Tidak ada solusi yang sempurna untuk masalah popok. Memilih popok yang tepat adalah keputusan pribadi. Sangat penting untuk mempertimbangkan pro dan kontra dari masing masing jenis popok. Maka dari itu, informasi yang Anda dapatkan bisa menjadi pertimbangan popok mana yang terbaik untuk bayi Anda. Tim popok kain atau popok sekali pakai, yang terpenting adalah tetap menjaga area popok bayi Anda tetap kering agar terhindar dari ruam popok.

SUMBER :

Stanford Children’s Health

American Academy of Dermatology Association

https://www.thebump.com/a/cloth-diapers-vs-disposable

Leave a Reply