How to Keep Your Underarms Fresh and Clean?

Aku dan si Ketiak

Siapa sih yang pengen ketiaknya hitam dan bau? Pasti engga ada dong. Apalagi buat kamu yang suka mengenakan model pakaian tanpa lengan buat ketemu sama temen atau gebetan. Pas kamu angkat tangan dan ternyata ketiak kamu hitam apalagi ditambah dengan aroma tidak sedap?! wah wah bisa kabur deh! kalau kata mba KD “i’m sorry, goodbye..

Sebenarnya kulit ketiak memiliki warna senada dengan kulit lainnya. Namun, ada beberapa faktor menyebabkan warna kulit area lipatan tersebut lebih gelap ketimbang area sekitarnya. Misalnya, iritasi sehabis mencukur diakibatkan cara cukur yang salah atau dapat disebabkan dari pemakaian deodoran itu sendiri.

Setelah mengetahui beberapa penyebab masalah ketiak hitam ini tentunya kita butuh solusi kan? jangan sampai kita jadi krisis percaya diri karena si ketiak. Nah, agar si ketiak tidak mengganggu penampilan kita, Yuk ikutin tips-tips berikut untuk membantu kulit ketiak kamu lebih cerah dan terhindar dari si bau badan.

Ini bukan tentang body shamming ini tentang mencintai dirimu sendiri!

So, here are some tips for you! :

1. Jaga kebersihan tubuh

Tidak menjaga kebersihan tubuh dengan mandi dua kali sehari dan berganti baju secara teratur juga bisa menjadi penyebab bau badan, terutama pada ketiak. Maka itu, selalu jaga kebersihan tubuh dengan mandi secara berkala terutama setelah beraktivitas fisik cukup berat seperti olahraga.

2. Lakukan Eksfoliasi

Pada dasarnya, eksfoliasi dapat dilakukan dengan scrub atau kamu juga bisa menggunakan loofah (sabut mandi) untuk membantu menggosok kulit ketiak. Sebelumnya, pastikan kulit ketiak kamu tidak terluka atau sedang berjerawat saat melakukan eksfoliasi ya dan hindari menggosok terlalu keras agar tidak terjadi iritasi.

3. Pilih deodoran dengan bahan yang tepat

Deodoran yang mengandung bahan alkohol, aroma, dan anti-keringat seperti aluminium klorida menyebabkan perubahan warna pada kulit ketiak. Aluminium dalam deodoran dapat berinteraksi dengan bakteri yang hidup di ketiak, sehingga ketiak menjadi hitam. Jadi bila ingin menggunakan deodoran, carilah yang bebas pewangi atau mengandung pro vitamin B5, karena dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga terhindar dari ketiak hitam. Dan gunakan deodoran dengan intensitas sesuai kebutuhan.

4. Hair Removal

Ketiak merupakan area tubuh yang sering lembap karena banyak mengeluarkan keringat. Bulu ketiak dapat menyebabkan keringat terperangkap dan bakteri mudah berkembang biak, sehingga memicu bau badan. Kamu bisa melakukan cukur bulu ketiak, waxing atau laser untuk menghilangkan si bulu ketiak.

5. Pakai pelembab untuk ketiak

Kata siapa pelembap hanya buat wajah? eits jangan salah loh, ketiak juga butuh! terutama ketika selesai cukur bulu ketiak, fungsinya tentu saja membantu kulit ketiak lebih lembap sekaligus menghindari iritasi dan akan membuat kulit ketiak lebih halus dan cerah.

6. Pilih pakaian yang menyerap keringat dan tidak terlalu ketat

Pakaian yang terlalu ketat justru akan mempersulit ruang gerak tubuh, sehingga permukaan kulit ketiak akan bergesekkan dengan kain pakaianmu yang dapat memicu perubahan warna kulit menjadi hitam. Jadi, pilih model pakaian yang lebih longgar dan menyerap keringat ya!

7. Kurangi makanan penyebab bau ketiak

Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan produksi keringat lebih banyak dan bau dari biasanya. Makanan tersebut meliputi makanan pedas, berlemak, dan makanan yang mengandung bahan berbau tajam, misalnya bawang. Dengan membatasi asupan jenis makanan ini, bau badan bisa berkurang.

TIPS MENCUKUR BULU KETIAK!

01

Lakukan eksfoliasi pada kulit ketiak untuk membersihkan area tersebut. Karena, keringat atau deodoran bisa menyumbat mata pisau cukur, dapat menyebabkan infeksi bakteri.

02

Gunakan pisau cukur yang memiliki strip yang lebih aman dan berisiko lebih kecil menimbulkan luka.

03

Basahi kulit dan alat cukur sebelum mulai bercukur untuk mengaktifkan strip atau sabun pelican yang berguna untuk melindungi dan melembabkan kulit.

04

Cukur dari arah tumbuh rambut, lalu cukur kembali dari arah yang berlawanan. Jangan mencukur area yang sama berulang-ulang, agar tidak terjadi iritasi.

05

Keringkan area ketiak dan gunakan pelembap seperti gel aloe vera setelah bercukur, untuk melembutkan kulit dan menghindari iritasi.

References :

https://www.wikihow.com/Keep-Your-Underarms-Fresh-and-Clean

https://www.popbela.com/beauty/skin/ulfa-luthfia-hidayatty/tips-merawat-ketiak

https://www.vogue.com/article/underarm-care

https://www.halodoc.com/artikel/cara-tepat-mencukur-bulu-ketiak

https://www.thebodyshop.co.id/blog/jangan-salah-pilih-ini-6-tips-memilih-deodorant-yang-aman-digunakan

Leave a Reply