Tipsy tips: How to Double Cleanse? Is it really necessary?

oleh: dr. Tri Intan Sari

Double Cleanse

Dipopulerkan oleh wanita Jepang dan Korea yang memiliki kulit bersih, dan “glassy” yang alami, Double Cleanse sudah menjadi “Skincare phenomenon” di seluruh dunia sejak tahun 2016.

Sesuai namanya, Double Cleanse adalah proses dua langkah untuk membersihkan kulit dari semua make-up yang kita gunakan dan kotoran pada permukaannya, dan dapat juga membersihkan kotoran atau minyak yang menyumbat pori-pori.

Is it Necessary?

Double Cleanse bukan proses yang wajib dilakukan pada rutinitas skin care kita, namun pada jenis kulit tertentu proses pembersihan multi-step ini dapat bermanfaat. 

Misalnya, pada tipe kulit yang berminyak atau pada kulit Acne-prone, dengan teknik double cleanse yang menggunakan formula pembersih yang lembut, akan lebih baik digunakan untuk melawan minyak berlebih daripada satu pembersih dengan formula yang kuat yang dapat membuat kulit terasa terlalu kering.

Double cleanse juga sangat bermanfaat digunakan pada orang yang beraktivitas diluar ruangan yang terpapar polusi serta menggunakan make-up sehari-hari yang cukup tebal seperti maskara, concealer, dan  foundation. 

How to Double Cleanse?

Pada umumnya, dalam proses double cleanse akan menggunakan 2 jenis cleanser yang berbeda. 

Yang pertama menggunakan Oil-based cleanser, lalu diikuti dengan Water-based cleanser.

Disarankan untuk menghindari pembersih yang mengandung sulfat, yang dapat menghilangkan minyak alami dari kulit atau bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi seperti wewangian dan alkohol.

Langkah Pertama:

1. Pada langkah pertama,  membersihkan wajah dapat dilakukan dengan oil-based cleanser seperti cleansing oil atau balm.

2. Oleskan oil-based cleanser pada telapak tangan yang kering dan gunakan jari untuk memijatnya dengan lembut pada kulit wajah selama sekitar 1 menit.

3. Jangan lupa untuk melakukan pembersihan pada area sekitar mata.

Oil-based cleanser dapat dengan mudah menghilangkan riasan area mata, aman digunakan selama produk yang digunakan tidak mengandung parfum.

4. Bilas menggunakan ar hangat/dingin atau bisa juga menggunakan kain pembersih wajah.

Notes: Micellar water juga bisa dijadikan pilihan untuk cleanser pada step pertama. Karena Micellar water terbuat dari molekul minyak mikroskopis yang disebut “Micelles” yang tersuspensi dalam cairan. 

Jika memilih menggunakan Micellar water, paling baik digunakan dengan menuangkan diatas kapas yang dapat membersihkan area mata dan wajah. Mungkin dibutuhkan proses beberapa kali sampai tidak ada sisa make-up atau warna yang tertinggal di pad.

Langkah Kedua:

Setelah langkah pertama menghapus make-up dan kotoran yang menempel pada kulit wajah, langkah kedua dapat dilakukan untuk membersihkan kulit wajah lebih mendalam. 

1. Water- soluble cream, gel atau lotion cleanser dapat digunakan dalam langkah kedua.

2. Pijatkan secara lembut cleanser ke kulit wajah agar bahan aktif dapat bekerja dengan baik.

3. Bilas dengan air dingin lalu keringkan wajah dengan handuk yang lembut.

Notes:

  • Metode double cleanse ini dapat kita lakukan di malam hari setelah beraktivitas, namun, dapat juga dilakukan di pagi karena produksi sebum yang terjadi saat kita tidur.
  • Jika kulitmu terlalu kering, pastikan kamu tidak membersihkan secara berlebihan. Atau, tidak melakukan proses double cleanse ketika tidak sedang menggunakan make-up
  • Terlalu banyak membersihkan wajah (lebih dari 2x/hari) dapat merusak kelembapan pada barrier kulit, jadi, hindari mencuci muka terlalu sering, kecuali, membersihkan wajah secara ringan pada pagi hari serta double cleanse pada malam hari.

Sumber:

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/double-cleansing#after-you-cleanse
https://www.vogue.in/content/anti-acne-skin-care-tip-alphabet-d-is-for-double-cleansing
https://www.allure.com/story/what-is-double-cleansing
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/double-cleansing#after-you-cleanse

Leave a Reply